cream kecantikan murah shopee

KETAHUI PERBEDAAN AHA DAN BHA UNTUK MEMAKSIMALKAN MANFAATNYA

AHA dan BHA adalah bahan yang sudah sangat banyak digunakan dalam bidang perawatan kecantikan. Artikel ini menjelaskan perbedaan AHA dan BHA supaya kita bisa memaksimalkan manfaat keduanya.

Apa itu AHA dan BHA?

AHA dan BHA adalah dua jenis bahan perawatan kecantikan yang berbeda jenis dan sifat.

AHA (Alpha Hydroxy Acid) adalah senyawa asam yang berfungsi untuk eksfoliasi atau pengelupasan sel kulit mati.

Sedangkan BHA merupakan kepanjangan dari beta hydroxy acid. Dalam dunia kecantikan, BHA sebenarnya sama dengan asam salisilat.

Senyawa AHA sebenarnya terdiri dari banyak jenis, seperti asam glikolat (dari tebu), asam laktat (dari susu), asam malat (dari apel), dan asam sitrat (dari jeruk). AHA termasuk asam yang larut dalam air.

Bila AHA larut dalam air, maka BHA tidak larut dalam air melainkan dalam minyak atau lemak. Ini menyebabkan perbedaan AHA dan BHA dalam sifat dan fungsi kedua bahan tersebut.

perbedaan aha pha lapak bunda

Apa manfaat perbedaan AHA dan BHA dalam perawatan kulit

Setiap hari jaringan kulit kita selalu memproduksi sel-sel kulit baru untuk mengganti sel kulit lama yang telah rusak.

Nah, sel kulit mati ini kadang tidak dapat terlepas sempurna dan masih menempel pada kulit. Ini sebabnya Anda butuh eksfolian yaitu bahan yang bekerja mengelupas kulit mati sehingga diganti oleh jaringan kulit baru.

Untuk tugas ini AHA bekerja sangat baik, karena ia mampu mengangkat sel-sel kulit mati, meratakan warna kulit, dan merangsang regenerasi sel-sel kulit baru yang lebih sehat dan lebih cerah, juga merangsang pembentukan kolagen.

Perlu diketahui bahwa AHA hanya bekerja pada lapisan terluar kulit bagian epidermis. Senyawa ini tidak akan masuk meresap hingga ke dermis sehingga lebih aman karena tidak sampai ke bagian kapiler darah di lapisan dermis kulit.

Ini alasannya mengapa AHA aman digunakan oleh ibu hamil dan ibu menyusui.

Mana Yang Lebih Bagus, AHA atau BHA ?

AHA memang jago dalam eksfoliasi, dan mudah larut dalam air. Tapi bahan ini tidak berkutik saat berhadapan dengan minyak.

Nah, untuk urusan minyak, komedo, jerawat, serahkan saja ke BHA yang lebih juara dalam urusan mengatasi masalah jerawat, komedo, dan kulit berminyak.

Kemampuan BHA larut dalam minyak ini menyebabkan ia mampu meresap masuk ke dalam pori-pori yang tersumbat minyak atau sebum sebagai pemicu munculnya komedo atau jerawat.

Saat BHA meresap masuk ke dalam kulit, ia akan melarutkan minyak dan komedo sehingga membuka jerawat. Hasilnya, komedo dan jerawat bisa mengempis.

Hebatnya lagi, BHA juga mampu memberantas bakteri penyebab jerawat Propionibacterium acnes sehingga jerawat cepat sembuh.

Ini yang menjelaskan kalau wajah berkomedo atau berjerawat diberi perawatan BHA akan cepat sembuh. Komedo penyebab bruntusan hilang, sehingga permukaan kulit wajah menjadi halus, dan tentu saja terhindar dari masalah jerawat.

Dari penjelasan tersebut sekarang Anda paham perbedaan AHA dan BHA serta keunggulan masing-masing.

Oke. Pertanyaannya sekaran, meskipun ada perbedaan AHA dan BHA, bagaimana bila kedua bahan tersebut dipadukan?

Silahkan lanjut baca. Anda akan temukan jawaban menarik di bawah.

Bagaimana cara pemakaian AHA dan BHA supaya lebih efektif ?

Setelah mengetahui perbedaan AHA dan BHA, sekarang Anda bisa mencermati penjelasan berikut agar pemakaian produk AHA BHA lebih efektif.

AHA dan BHA paling efektif dipakai pada kulit yang bersih. Jadi, gunakan produk ini setelah Anda membersihkan wajah dan menggunakan toner atau setelah cuci wajah.

Ada 2 cara pemakaian AHA tergantung pada tujuannya.

1. Kalau tujuan pemakaian AHA untuk eksfoliasi (pembersihan sel-sel kulit mati), sebelum menggunakan produk AHA pastikan kulit Anda sudah bebas minyak terutama jika Anda menggunakan cleansing oil untuk membersihkan wajah.

Tunggu sekitar 3 – 5 menit hingga kulit telah benar-benar kering untuk memaksimalkan eksfoliasi, baru pakai produk AHA.

2. Kalau tujuan pemakaian AHA sebagai potensiasi (memperkuat kerja cream pencerah), maka setelah cuci wajah dan dikeringkan dengan handuk, segeralah pakai AHA senyampang kulit masih lembab. Cara ini ternyata menyebabkan AHA lebih gampang meresap dan kinerjanya meningkat.

Setelah memakai AHA tunggu sekitar 3 – 5 menit, baru tumpuk dengan cream malam. Dengan metode ini kinerja cream malam bisa lebih efektif karena meresap lebih baik ke dalam kulit.

AHA akan melakukan potensiasi (penguatan) terhadap kerja cream malam sehingga mampu bekerja lebih efektif.

Sementara itu, karena sifatnya yang mudah larut dalam minyak, untuk penggunaan BHA Anda bisa langsung menggunakan produk tanpa perlu syarat kondisi apa pun.

Kapan waktu pemakaian AHA BHA yang benar ?

Sehubungan dengan perbedaan AHA dan BHA, perhatikan waktu pemakaiannya.

Beberapa studi menunjukkan penggunaan AHA bisa menyebabkan fotosensitif atau iritasi jika terkena paparan sinar matahari.

Jika memakai produk AHA pada siang hari, pastikan Anda menggunakan tabir surya dengan kandungan SPF yang mumpuni, minimal SPF30.

Anda bisa pertimbangkan untuk menggunakan tabir surya Instabright Sunscreen Cream Geneva karena produk tabir surya SPF30 itu dikenal nyaman digunakan, wajah kelihatan langsung bersih segar. Terus terang, ini saran yang tidak boleh diabaikan.

Atau lebih baik menggunakan AHA pada malam hari saja. Selain lebih minim resiko iritasi, AHA juga mampu melembabkan kulit, sebuah kondisi yang diperlukan selama regenerasi kulit di malam hari.

Berbeda dengan AHA, BHA aman digunakan pada siang maupun malam. Namun demikian tetap wajib menggunakan tabir surya saat pagi atau siang hari.

Produk paduan AHA BHA yang ampuh untuk perawatan kulit wajah

Perlu diketahui meskipun ada perbedaan AHA dan BHA, ternyata keduanya bisa digunakan secara bersamaan.

Ada banyak produk yang menggabungkan AHA dan BHA sekaligus menjadi satu produk.

Formulasi seperti ini tentu saja bertujuan menggabungkan masing-masing keunggulan AHA dan BHA, sehingga lebih praktis dan lebih efektif diaplikasikan untuk perwatan kulit wajah.

Ada banyak produk AHA BHA yang harganya cukup mahal di luar sana. Berikut ini adalah produk serum AHA BHA asli produksi Indonesia, namun kualitasnya tidak kalah dengan buatan luar negeri.

Contoh produk paduan AHA BHA adalah Alfacid AHA BHA Pore Serum dan Serum AHA BHA Hi-Derm.

ALFACID AHA BHA PORE SERUM

ALFACID AHA BHA PORE SERUM

SERUM AHA BHA

SERUM AHA BHA HI-DERM

Dengan paduan keunggulan AHA BHA, kedua produk itu memiliki kemampuan ampuh sebagai berikut :

  • mencerahkan kulit wajah
  • mengangkat sel-sel kulit mati
  • merangsang proses regenerasi kulit yang lebih sehat
  • membuka pori-pori wajah yang tersumbat
  • mengatasi dan mencegah munculnya komedo blackhead dan whitehead
  • mengatasi dan mencegah jerawat
  • sangat cocok digunakan untuk jenis kulit berminyak dan berjerawat

Dari uraian panjang di atas, sekarang Anda sudah paham perbedaan AHA dan BHA.

Bila saat ini sedang memiliki masalah perawatan kulit seperti kulit kusam, jerawat, atau komedo, silahkan lihat produknya lebih detil.

LIHAT ALFACID AHA BHA PORE SERUM

LIHAT SERUM AHA BHA HI-DERM